Follow Now.......!

Senin, 28 Maret 2011

Mahkota Duri Yesus dipamerkan di British Museum

Sebuah mahkota duri yang konon dikenakan di kepala Yesus ketika Dia disalibkan akan dipamerkan di British Museum, London.

Cahaya Lentera: berbagi cerita menarik, fenomena, mitos, rekor dunia, serba serbi, hot info, kontroversi, penemuan baru, tehnologi dan kejadian aneh lainnya di sekitar kita.

Menurut cerita dalam Alkitab, seorang serdadu mengenakan mahkota duri di kepala Yesus sebelum Dia disalibkan. Mahkota ini merupakan simbol cemooh mereka karena Yesus telah mengaku sebagai Raja Orang Yahudi.

Mahkota duri ini disimpan selama 200 tahun terakhir di Stonyhurst College, sebuah asrama dari ordo Jesuit yang berumur 400 tahun di kota Lancashire. Menurut catatan sejarah, mahkota ini telah dicuri dari Konstantinopel – ibu kota kerajaan Romawi, ketika berlangsungnya Perang Salib ke empat. Kemudian mahkota berharga ini dijual kepada Raja Louis IX dari Perancis dan disimpan di Venesia, di sebuah kapel kecil yang dikhususkan bagi para pasangan yang menikah.

Kemudian mahkota ini diberikan kepada Ratu Skotlandia yang menikah dengan keluarga kerajaan Perancis, untuk kemudian diboyong ke Holyrood.







Tahun 1600 mahkota ini berpindah tangan ke seorang Pastur Jesuit yang menyimpannya di Stonyhurst Collage hingga sekarang.

Mahkota ini bisa dilihat secara umum dalam pameran yang diadakan di British Museum dengan tema Treasures of Heaven.

“Ini merupakan sebuah obyek yang sangat luar biasa dan kami senang bisa menyaksikan koleksi harta surgawi ini,” kata seorang curator Jan Graffius.

Selain mahkota duri, akan dipamerkan juga beberapa peninggalan kudus yang berhasil dikumpulkan. Semuanya diperkirakan berasal dari tahun 1000 – 250 SM.

Pameran ini akan berlangsung mulai dari 23 Juni sampai 9 Oktober 2011.




0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites